Live to the Fullest – 8 Rahasia Hidup yang Berkepenuhan (Bagian 2)

Selain empat poin pertama Rahasia Hidup yang Berkepenuhan Bagian 1, apa lagi empat rahasia lain yang bisa kita terapkan?

5. Do What You Love

hidup - gkdi 5

Karena hidup ini hanya sekali, mengapa tidak Anda isi dengan melakukan apa yang paling disukai? Lakukanlah hal-hal yang membuat hidup Anda menjadi lebih hidup, dengan catatan:

    1. pastikan itu benar / sesuai kehendak Tuhan,
    2. dilakukan dengan kadar yang tepat, dan
    3. pada waktu yang tepat.

Misalkan, Anda paling suka makan bakmi (lolos filter No. 1 karena bukan dosa) sampai-sampai Anda melakukannya lima kali sehari sampai subuh—jelas, itu tidak baik juga (lihat poin 1 tentang Hidup Sehat).

Isilah hidup Anda dengan hal-hal yang Anda sukai di dalam Tuhan, dan lakukan itu dalam batas-batas wajar. Dengan begitu hidup Anda akan terasa penuh dan seimbang.

Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan. – Pengkhotbah 11:9

6. Love What You Do

hidup - gkdi 6

Meskipun kita sudah berencana sedemikian rupa, ada aja hal-hal yang terjadi di luar kontrol kita. Jika hari ini Anda berada dalam situasi di mana Anda belum punya kesempatan untuk do what you love, jangan khawatir. Anda bisa mencintai apa yang Anda lakukan.

Terkadang, kita begitu fokus mendaki ke “puncak gunung” sehingga tidak menikmati pemandangan di kanan-kiri kita yang juga indah. Kita ingin segera mencapai tujuan, tetapi lupa untuk menikmati setiap prosesnya.

Hidup tidak selalu sejalan dengan yang kita harapkan, tetapi itu bukan alasan untuk tidak mencintai perjalanannya. Do what you love, and love what you do.

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. – Kolose 3:23 

7. Dekat dengan Tuhan

hidup - gkdi 7

Jika Anda sudah menerapkan poin 1-6 tapi masih merasa ada yang kurang atau kosong, mungkin kedua poin terakhir inilah jawabannya.

Hidup yang berkepenuhan hanya ada di dalam Yesus. Dia membiarkan kita mengalami berbagai hal supaya kita mencari Dia dan punya hubungan yang dekat dengan-Nya. Hubungan akrab dengan Tuhanlah yang mampu membuat Anda merasa penuh dan puas.

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. – Yohanes 10:10

Jawab Yesus kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” – Yohanes 4:13-14 

8. Tanamkan Tekad untuk Selalu Berpuas dan Bersyukur

hidup - gkdi 8

Manusia memang tidak pernah puas. Pada saat Anda tidak punya, Anda ingin satu. Setelah punya, Anda ingin dua, tiga, dan seterusnya. Tanpa tekad untuk bersyukur dan berpuas, Anda tidak akan pernah merasa berkepenuhan.

Terlepas dari apa yang Anda belum miliki, ingatkah Anda bahwa Tuhan sudah memberikan Anda begitu banyak hal? Napas kehidupan, kesehatan, keluarga, pekerjaan, kelengkapan anggota tubuh, komunitas di dalam Tuhan, makanan yang cukup setiap hari, dan lain-lain. Bayangkan, betapa banyak orang yang menginginkan hidup yang Anda miliki hari ini.

Anda boleh berjuang menggapai hal-hal yang ingin Anda raih, tapi jangan lupa menghitung berkat yang sudah Tuhan berikan. Jangan sampai apa yang tidak atau belum Anda miliki membuat Anda lupa bersyukur atas segala yang Anda boleh nikmati hari ini. Jika ukuran kepuasan hanya bergantung pada hal yang Anda punya dan raih, kapan Anda akan punya hidup yang berkepenuhan?

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. – 1 Tesalonika 5:18 

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” – Ibrani 13:5

Jadi, tunggu apa lagi? Segera praktikkan kedelapan rahasia ini, dan selamat memiliki hidup yang berkepenuhan!

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Kristen Sejati atau Kristen Ikut-ikutan?

Video inspirasi: