gkdi laguWanita umumnya menginginkan hubungan yang dalam. Kita suka diperhatikan, punya sahabat karib atau teman curhat yang nyaman. Kebutuhan semacam inilah yang membentuk asumsi konotatif bahwa “wanita adalah makhluk lemah.”

Faktanya, manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak dapat hidup sendirian saja. Lebih daripada itu, kita membutuhkan hubungan dengan sesama agar dapat menjalani hidup dengan baik. Baik wanita maupun pria membutuhkan intimasi dan penerimaan dari orang lain. Namun, wanita cenderung lebih ekspresif dalam menunjukkan kebutuhan mereka.

Karena hal ini pulalah, para wanita kerap melakukan kesalahan saat membangun hubungan spesial. Apa saja kesalahan tersebut dan bagaimana cara menghindarinya?

Ingin Diterima dan Merasa Berharga 

wanita - gkdi 6

“Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau…” – Yesaya 43:4a 

Ketika karier tidak mulus, kondisi keuangan buruk, atau pasangan hidup tak jua menampakkan batang hidungnya, kita kerap terdorong mencari penerimaan diri di tempat-tempat lain. Pria mapan dengan keuangan stabil tampaknya merupakan jalan keluar dari keadaan finansial yang carut-marut. Teman curhat yang selalu menanyakan kabar Anda beberapa kali sehari pastinya bisa membuat hari Anda lebih berwarna dan bersemangat.

Akibatnya, Anda mengira pasangan hidup adalah satu-satunya solusi agar Anda merasa berharga dan diterima. Anda ingin menjadi seseorang yang berarti bagi hidup orang lain. Anda ingin merasa dikasihi dan dicintai, tak peduli hubungan itu rapuh atau destruktif bagi diri Anda.

Berapa banyak wanita, yang oleh alasan-alasan di atas, akhirnya tertipu atau dimanfaatkan oleh pria-pria yang ingin mencari keuntungan dari mereka? Berapa banyak yang rela melakukan apa saja, termasuk mengorbankan keselamatan dan imannya demi penerimaan dan penghargaan yang semu?

Ladies, sesungguhnya Anda tidak membutuhkan penerimaan dari siapa pun karena Tuhan telah menerima Anda. Dan, bukan hanya menerima, Dia juga mengasihi Anda, serta menganggap Anda berharga di mata-Nya.

Jadi, renungkanlah: Manakah yang lebih penting bagi hidup Anda? Penerimaan lawan jenis atau penerimaan Tuhan? Berharga bagi Tuhan atau berharga bagi hidup seseorang?

Bermain Api

wanita - gkdi 7

Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. – Galatia 6:7 

Ayat di atas senada dengan peribahasa ‘bermain air basah, bermain api hangus.’ Karena kebutuhan akan pasangan hidup, seorang wanita bisa menurunkan atau mengkompromikan standarnya. Nilai-nilai yang dulu Anda pegang teguh mulai bergeser. Anda berpikir, “Daripada tidak menikah, tidak punya pasangan, atau dijuluki perawan tua, siapa saja bolehlah.”

Alhasil, banyak wanita Kristen menjalin hubungan dengan pria yang tidak takut akan Tuhan. Atau, mereka mulai melirik situs-situs kencan dan membangun hubungan dengan orang yang tidak jelas identitasnya. Tak jarang, karena desakan usia atau tuntutan sosial, meskipun tahu calon pasangan menolak memperbaiki karakter sesuai firman Tuhan, mereka tetap menerimanya begitu saja.

Saudari, apakah Anda mengira Tuhan tidak sanggup memberikan seorang pasangan hidup yang sesuai dengan rancangan-Nya untuk Anda? Tahukah Anda, bahwa sebagai seorang single, Anda adalah mempelai Kristus, Tuhan pemilik semesta alam? Dengan kata lain, Anda adalah wanita paling beruntung dan berbahagia di dunia!

Jangan bermain api. Sekecil apa pun api itu, lama-kelamaan ia akan membesar dan membakar habis segala yang ada di sekelilingnya. Ketika itu terjadi, kobarannya tidak akan dapat dikendalikan, dan yang tertinggal hanyalah abu dan asap.

Tidak Mencari Nasihat

wanita - gkdi 8

Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak. – Amsal 15:22 

Pasangan hidup yang Anda inginkan tentunya pasangan sepanjang hidup, bukan yang sementara. Jadi, jangan ceroboh dan tergesa-gesa mencari jodoh, terlebih mengikuti kata hati dan cara pandang sendiri. Biasanya, ketika sedang jatuh cinta, kita sulit melihat segala sesuatu secara objektif.

Petiklah pelajaran dari kisah Simson dan Delila. Simson jatuh cinta dengan wanita yang salah. Akibatnya, ia lebih memilih hubungan yang tidak rohani ketimbang tetap setia pada imannya. Alhasil, akhir hidupnya sungguh tragis (Hakim-hakim 16:30-31). Seandainya Simson lebih bijak dan mencari nasihat dari orang-orang seiman, mungkin jalan hidupnya akan berbeda.

Ketika kita salah memilih pasangan hidup, dampaknya sangat besar di kemudian hari. Oleh karena itu, banyak-banyaklah meminta nasihat dari orang-orang di komunitas Anda yang telah menikah atau memiliki kehidupan rohani yang kuat. Kegagalan dan keberhasilan Anda tergantung dari kemauan Anda mencari penasihat dan menjalankan masukan mereka.

Tidak Terbuka

wanita - gkdi 9

Aku berpegang pada titah-titah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu, sebab seluruh hidupku terbuka di hadapan-Mu. – Mazmur 119:168

Menyimpan dan menutup-nutupi perasaan tidak akan menolong Anda. Sebaliknya, ketika Anda bersikap terbuka, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • mendapatkan masukan konstruktif agar tidak salah mengambil keputusan
  • selalu diingatkan untuk membangun hubungan yang didasarkan pada kemurnian
  • motivasi Anda untuk hidup sesuai rancangan Tuhan akan terjaga
  • dibantu untuk mengerti maksud dan rencana Tuhan

Jangan ulangi kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan para wanita saat membangun hubungan spesial. Mari kita ikuti rancangan Tuhan agar tidak mengalami derita yang seharusnya bisa dihindari, karena rancangan-Nya adalah yang terbaik dan terindah. Amin.

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. – Yeremia 29:11 

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia. Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), Diskusi Alkitab, membutuhkan bantuan konseling, ingin mengikuti ibadah minggu atau kegiatan gereja lainnya, silahkan mengisi form di bawah ini.

Contoh: Setiabudi, Jakarta Selatan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lainnya, silahkan menghubungi kami melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: