Written by Gery 3:23 pm Devotionals, Biblical Talk, Character, Community, Relationship, Self Development

Hati-Hati! 3 Hal ini Berpotensi Merusak Hubungan Anda

hubungan-gereja-gkdi cover

Gereja gkdi lagu

Hubungan yang sehat adalah dambaan setiap orang. Disadari maupun tidak, hampir dalam setiap hal, kita semua membutuhkan bantuan orang lain. Misalnya, dalam hal bekerja, belajar, atau pekerjaan rumah tangga. Masalahnya, sebagian dari kita mungkin tidak tahu bagaimana cara membangun hubungan yang sehat. 

Tips dan trik membangun hubungan yang baik dapat dengan mudah kita dapatkan dari berbagai sumber. Namun, mempelajari hal-hal yang bisa merusak hubungan juga tak kalah pentingnya. Ini akan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik, serta menjadikan interaksi sosial Anda lebih sehat dan langgeng. 

Kadang kala, bukan hal-hal besar yang merusak hubungan, melainkan hal-hal kecil yang memiliki risiko jangka panjang. Dengan mempelajari tanda-tanda yang berpotensi menjadi batu sandungan, Anda bisa meningkatkan kualitas hubungan Anda, baik itu pertemanan, pernikahan, keluarga, komunitas, maupun pekerjaan.

Waspadai 3 Gejala Perusak Hubungan

1. Kurangnya Respek (Rasa Hormat) terhadap Orang Lain

hubungan-gereja-gkdi 1

Seberapa lama Anda kenal dengan seseorang akan mempengaruhi sikap Anda terhadap orang tersebut. Contohnya, saat Anda baru berkenalan dengan seseorang, Anda biasanya akan bersikap formal dan hati-hati. Ketika Anda bersama dengan teman, saudara, atau pasangan, sikap Anda akan cenderung lebih cair dan nonformal.

Di sinilah bahayanya: semakin dekat Anda dengan seseorang, semakin besar kemungkinan Anda menganggap enteng dirinya. Misalnya, lupa meminta maaf untuk kesalahan-kesalahan kecil. Atau, meminta tolong dengan cara yang kurang sopan. Dan, yang paling sering, memberi nama panggilan yang sebenarnya menyakiti, seperti ‘Gendut’ atau ‘Botak.’ Sebabnya? Karena merasa sudah dekat, tanpa sadar kita jadi bersikap seenaknya terhadap orang tersebut.

Tentunya hal ini kurang berkenan bagi Tuhan. Roma 12:10 mengatakan, “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.” Paulus berbicara tentang bagaimana kita harus saling mengasihi, dan salah satu tanda mengasihi adalah dengan saling menghormati satu sama lain.

Berusahalah untuk mengapresiasi setiap bantuan yang Anda terima. Entah itu dari teman, saudara, atau rekan kerja, jangan lupa ucapkan terima kasih ketika mereka menolong Anda. Jika Anda memiliki kebutuhan, utarakan dengan penuh respek, sehingga mereka mau membantu Anda dengan senang hati.

2. Stonewalling

hubungan-gereja-gkdi 2

Stonewalling adalah perilaku di mana seseorang, baik sengaja maupun tidak, mencoba untuk menunda, menghindari, mengalihkan, menyudahi, atau menolak pembahasan sebuah masalah. Istilah yang sering kali disebut silent treatment ini juga bisa diungkapkan secara non verbal. Contohnya, meninggalkan perdebatan yang sedang berlangsung, memutar mata, dan menutup telinga atau mata. 

Jika Anda mendengar kata-kata, “Ah, sudahlah, nggak usah dibahas lagi; aku capek!” atau “Aku nggak mau ngomongin ini lagi, nggak penting banget,” itu tandanya Anda sedang di-stonewalling oleh orang yang bersangkutan. 

Sikap ini tidak hanya merugikan korbannya, tetapi juga pelakunya. Kebiasaan menghindar atau menolak berkomunikasi karena merasa risih menghadapi masalah akan membuat kita kesulitan menyelesaikan konflik. Melakukan stonewalling terkesan seperti jalan keluar yang mudah, tetapi firman Tuhan tidak sependapat. 

Dalam Matius 5:23-24 dikatakan, “Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.”

Tuhan mau kita menyelesaikan masalah, bukan menghindarinya. Dia ingin kita berdamai, bukan kelihatan damai tetapi masih ada yang mengganjal di hati. Masalah yang tidak diselesaikan dapat menimbulkan akar pahit.

Memang, bagi mereka yang sulit mengutarakan perasaan, menyelesaikan konflik itu butuh usaha dan penyangkalan diri. Namun, percayalah, jauh lebih baik menyelesaikan satu masalah dengan segera, daripada berhadapan dengan lebih banyak masalah di kemudian hari.

3. Perasaan Tidak Aman (Insecurity)

hubungan-gereja-gkdi 3

Rasa tidak aman atau insecurity dapat merongrong hubungan Anda dengan orang lain. 

Insecurity pada dasarnya adalah perasaan bahwa diri sendiri selalu kurang dibandingkan orang lain. Karena menganggap orang lain lebih daripada Anda, Anda merasa tidak ada apa-apanya. Akibatnya, perasaan-perasaan seperti sulit percaya, cemas, kurang percaya diri, merendahkan orang lain, iri hati, atau terpojok ketika dikritik mudah muncul dalam diri Anda.

Rasa tidak aman bisa berujung pada banyak hal buruk. Karena selalu meragukan diri sendiri, Anda jadi berhenti berkembang. Atau, sebagai kompensasi rasa rendah diri, Anda tergoda untuk merendahkan orang lain. Anda mengandalkan uang, keelokan, atau kepintaran Anda untuk menyombongkan diri, saking takutnya terlihat kurang.

Untuk bisa lepas dari jebakan satu ini, Anda harus meyakinkan diri dengan dasar yang kuat. Inilah yang dikatakan dalam Yesaya 28:16: “Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: “Sesungguhnya, Aku meletakkan sebagai dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, sebuah batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh: Siapa yang percaya, tidak akan gelisah!”

Letakkan rasa aman Anda di dalam Tuhan. Bukan dalam kemampuan, prestasi, benda-benda, atau bahkan orang lain. 

Mulai dari Hal Kecil

hubungan-gereja-gkdi 4

Kurangnya respek terhadap orang lain, stonewalling, serta rasa tidak aman adalah tiga hal yang dapat menghambat komunikasi dan merusak hubungan. Memang, kelihatannya kecil, tetapi efeknya tidaklah kecil. Kabar baiknya, Anda bisa mulai membangun hubungan yang sehat lewat hal-hal yang kecil juga. Mungkin ini tidak mudah, tetapi segala hal yang baik patut diperjuangkan. Setuju? 

Mari kita terus berusaha memelihara hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita!

Referensi:

psiloveyou.xyz/every-day-damage-thats-destroying-our-relationships-9cfa0a183b83
www.verywellmind.com/coping-when-your-spouse-shuts-down-4097175
www.brides.com/insecurity-in-relationships-5105358
today.line.me/id/v2/article/9KrR23

 

– 

Related Articles:

 

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

 

(Visited 150 times, 1 visits today)

Last modified: Nov 10

Close