Celebration of GKDI Anniversary – Stand in Awe

Pada tanggal 15 Februari 2020, Gereja Kristus Di Indonesia merayakan hari ulang tahun atau anniversary-nya yang ke-30. Hari itu, jemaat seakan-akan dibawa kembali ke masa 30 tahun tahun yang lalu, saat gereja pertama dimulai. Perjalanan panjang itu berawal dari 10 pemuda pemudi yang berani mengambil keputusan dan mendedikasikan diri untuk memberitakan kabar baik itu. 

Perayaan hari Anniversary Gereja Kristus Di Indonesia mengambil tema “Stand In Awe”. Acara tersebut dibuka dengan sebuah tarian kontemporer, yang menggambarkan jatuh bangun perjuangan untuk memberitakan kabar baik.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu pujian nostalgia yang dahulu kerap dinyanyikan dengan gaya acapella. Di kesempatan itu, jemaat juga mengambil waktu untuk mengenang saudara saudari dalam Kristus yang sudah menyelesaikan pertandingan iman dengan baik.

Lalu jemaat mendengar firman yang dibagikan oleh Pdt. John Louis yang juga merupakan pemimpin mission team ke Jakarta. Satu hal yang ingin disampaikan melalui perayaan ini, adalah agar jemaat bisa semakin terkagum dengan Tuhan. Pdt. John mengutip ayat dari Yesaya 29:23-24, yang berbunyi:

“Sebab pada waktu mereka, keturunan Yakub itu, melihat apa yang dibuat tangan-Ku di tengah-tengahnya, mereka akan menguduskan nama-Ku; mereka akan menguduskan Yang Kudus,  Allah Yakub, dan mereka akan gentar kepada Allah Israel; orang-orang yang sesat pikiran akan mendapat pengertian, dan orang-orang yang bersungut-sungut akan menerima pengajaran. ” – Yes 29:23-24

Pdt. John Louis menekankan pentingnya untuk selalu terkagum dengan Tuhan dan membiarkan Tuhan meregangkan iman kita. Pelajaran dari Pdt. John Louis ditutup dengan sebuah persembahan pujian dari Regina Ivanova, yang menyanyikan lagu “God Speaking”.

Pada kesempatan itu, Pdt. Harliem juga memberikan sebuah pertanyaan untuk direnungkan oleh jemaat, “Apakah Anda sudah merasakan dan melihat kehebatan Tuhan secara pribadi?” Beliau juga mengutip sebuah ayat yang kembali mengingatkan jemaat akan kebaikan, kebesaran, dan pernyataan Tuhan selama 30 tahun ini. Ayat tersebut diambil dari Mazmur 145: 1-6

“Puji-pujian dari Daud. Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja,  dan aku hendak memuji nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya. Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya. Besarlah TUHAN dan sangat terpuji, dan kebesaran-Nya tidak terduga.  Angkatan  demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu. Semarak kemuliaan-Mu yang agung dan perbuatan-perbuatan-Mu  yang ajaib akan kunyanyikan. Kekuatan perbuatan-perbuatan-Mu yang dahsyat akan diumumkan mereka, dan kebesaran-Mu hendak kuceritakan. Peringatan kepada besarnya kebajikan-Mu akan dimasyhurkan mereka, dan tentang keadilan-Mu mereka akan bersorak-sorai. TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya. Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau.” – Mazmur 145:1-6

Setelah pelajaran yang menggugah hati, perayaan ulang tahun Gereja Kristus Di Indonesia dilanjutkan dengan sebuah persembahan pujian dari Nowella, performance dari B7 dan anak-anak dari Kids Kingdom Ministry. Kemudian, performance dari Teens dan Campus Ministry, yang dilanjutkan dengan puji-pujian yang dibawakan oleh Song Ministry, menutup serangkaian acara “Stand in Awe” tersebut.

Kelas Pelajaran

Namun, acara hari itu tidak berhenti di situ saja. Tanpa menyia-nyiakan momen ini, jemaat kembali diperlengkapi secara rohani melalui kelas-kelas pelajaran yang spesifik. Kelas untuk pria dan wanita dipisah. Ada pula, tujuh kelas lainnya yang dapat dipilih jemaat, sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. 

Pembicara dari kelas-kelas ini adalah para pelayan dari luar negeri. Mereka membagikan perjalanan hidup mereka; bagaimana mereka mengenal Tuhan, perubahan hidup mereka, iman mereka, bahkan perjuangan murid-murid Yesus di negara mereka, untuk tetap setia kepada Tuhan. Mereka juga sharing tentang mengapa, apa, dan bagaimana caranya untuk tetap terkagum kepada Tuhan. Diharapkan setiap pelajaran yang dibagikan dapat semakin menumbuhkan iman dan kekaguman murid-murid akan kerja tangan Tuhan.

Stand Together

Rangkaian acara ulang tahun ke 30 Gereja Kristus Di Indonesia diakhiri dengan acara temu kangen dan nostalgia sesama murid yang dibaptis antara tahun 1990 – 2000, yang berlangsung pada pukul 18.30 – 21.00. Acara yang mengusung tema, “Stand Together” ini diisi dengan berbagai performance. Salah satunya adalah sebuah drama dengan judul “Crazy Rich K-Asian”, yang menggambarkan perjuangan hidup seorang Kristen yang mau mencintai Tuhan walaupun mengalami tantangan dari keluarga.

Demikianlah perayaan anniversary yang dimulai dari jam 09.00 pagi itu berakhir. Jemaat disuguhkan dengan sebuah perayaan yang meriah sekaligus penuh haru, mengingat bagaimana Tuhan sudah bekerja dengan luar biasa selama 30 tahun ini. Bukan sekedar perayaan, jemaat juga diperlengkapi dengan pelajaran yang luar biasa, sehingga mereka belajar dari iman pengikut Kristus yang lain. Serangkaian acara ini ditutup dengan acara temu kangen bagi jemaat yang dibaptis di antara tahun 1990-2000. 

Dengan serangkaian acara ini, diharapkan jemaat dapat melihat kerja tangan Tuhan yang luar biasa, yang tidak pernah meninggalkan anak-anak-Nya. Semoga kisah perjalanan ini dapat menambahkan iman kita semua untuk semakin kagum dan setia kepada Tuhan.

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait:

Apa Hadiah Terbaik untuk Ulang Tahun Anda?
Rasa Syukur Istri Menyelamatkan Suami

Video inspirasi: