Written by 10:55 am Devotionals, Biblical Talk, Spiritual Life • One Comment

3 Ciri Orang yang Mengerti Kuasa Allah

kuasa allah

Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.   Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya.”Matius 8:8-9

Perwira ini benar-benar memahami arti otoritas yang sesungguhnya. Dia tahu bahwa kuasa Tuhan (Kuasa Allah) itu tidak terbatas dan tidak ada yang tak bisa diperintahNya.

Analogi sederhana yang dia katakan adalah dia hanya memiliki 100 bawahan dalam pasukannya dan ia bisa memerintah mereka melakukan apa saja yang ia mau. Ia tahu bahwa Tuhan bisa melakukan hal yang sama. Tuhan adalah sang Pencipta yang memiliki segala sesuatu yang ada dimuka Bumi sehingga tidak ada yang tidak akan patuh padaNya. Segala sesuatu akan melakukan perintahNya tanpa berbantah.

Jika seseorang bisa mengerti otoritas seperti Perwira ini maka dapat dipastikan ia akan mengerti kuasa Allah yang luar biasa yang akan berdampak besar bagi dirinya. Tak dapat dipungkiri bahwa inilah yang menjadi masalah kebanyakan orang percaya, yakni bahwa mereka tidak tahu kuasa Allah dengan benar sehingga timbul banyak kekuatiran, ketidakpercayaan, kebimbangan dan kegelisahan.

Contohlah kesiapan dan kerelaan Abraham untuk naik ke Bukit Moria dan membawa Ishak anak tunggalnya untuk dikurbankan. Abraham tahu Tuhan begitu berkuasa walaupun anak ini sudah dinanti begitu lama. Apa dasar Abraham tak berbantah untuk melakukan semuanya? Ia tidak bernegosiasi, seperti yang ia lakukan untuk Sodom dan Gomora? Sederhana, satu-satunya yang Alkitab katakan adalah:

Ibrani 11:19 Karena ia berpikir, bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali.

 

Abraham dan sang perwira mengerti kuasa Allah, oleh sebab itu mereka bersikap tenang dan percaya. Allah pun melihat hal itu dan melakukan mujizat. Nah, apa saja kah ciri dari orang yang percaya akan kuasa Allah?

1. Mereka Tahu Diri

Mereka selalu ingat bahwa tidak ada satupun yang ada pada mereka yang merupakan hasil dari usaha mereka sendiri secara murni. Ya, mereka tahu bahwa mereka adalah alat sehingga mereka fokus akan siapa yang menggunakan mereka. Tentu mereka perlu menjadi alat dengan kualitas terbaik tetapi meskipun memiliki kualitas terbaik jika di tangan orang yang tak berkuasa dan tak profesional maka orang itu tidak akan bisa berguna banyak.

Jadi seorang anak manusia yang mengerti kuasa Allah akan menjadi pribadi yang rendah hati. Sang perwira adalah orang yang sangat tahu diri, atas tradisi orang Yahudi yang tidak memungkinkan untuk Yesus masuk di rumahnya. Tetapi semua yang dimintakannya kepada Yesus adalah wujud kepercayaan dan pengenalannya akan Tuhan dan kuasaNya. Perwira ini sungguh menginspirasi, kiranya semakin banyak orang percaya yang percaya seperti cara perwira ini percaya.

2. Mereka selalu merasa aman

Mereka tidak perlu cemas sebab mereka tahu tidak ada satupun, yang tidak dalam jangkauan Allah. Jika sesuatu terjadi pada mereka maka itu pasti ada dalam campur tangan Tuhan sehingga sama sekali tidak ada yang kebetulan. Jika mereka mengalami kemalangan dan kegagalan maka mereka akan belajar dan menerima dan bersyukur. Ya, jika mereka menang dan berhasil maka mereka akan tetap tenang dan mengucap syukur memuliakan Tuhan – tidak berbangga atas diri mereka.

3. Mereka tidak membantah

Sama seperti Abraham, bapa orang percaya, tidak ada perbantahan sama sekali. Tuhan tidak menghendaki umat yang suka berbantah, justru mereka yang suka mambantah akan dihancurkan. Jika kita tahu kuasaNya yang luar biasa, maka perlu apa kita berbantah Dia? Hanya terhadap orang-orang yang aneh dan tidak jelas, kita perlu berbantah. Terhadap Tuhan kita tidak mungkin menang atau mungkin berhasil.

Diambil dari artikel blog Pendeta Togar Sianturi

*Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: 3 Hal yang Membuat Tuhan Berkata “Aku Mau”

(Visited 436 times, 2 visits today)

Last modified: Jul 25

Close